Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Sistem Absensi Online

Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Sistem Absensi Online

Sebagai karyawan, absensi merupakan salah satu rutinitas yang harus dilakukan sebelum mulai bekerja. Data kehadiran merupakan hal yang penting untuk karyawan penuhi, mengingat ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi gaji yang akan ia terima.

Di zaman digitalisasi seperti sekarang, tidak sedikit perusahaan yang mulai menggunakan absensi secara online untuk kemudahan karyawan dan perusahaan sendiri. Absensi online sendiri merupakan salah satu perkembangan teknologi untuk korporasi yang dapat membuat proses absensi konvensional menjadi lebih sederhana, praktis, dan otomatis.

Pelacakan dan pengelolaan data absensi milik karyawan tentu bukan suatu hal yang mudah. Hal itulah yang akhirnya membuat perusahaan khususnya HR menjadi kewalahan dalam mengolah data absensi karyawan. Oleh karena itu, HR tentu membutuhkan sistem absensi online untuk membantu kinerjanya.

Sistem absensi online dapat membantu untuk mengolah data absensi karyawan secara otomatis dan realtime. HR juga dapat melacak serta mengetahui apakah karyawan hadir atau tidak dengan sistem absensi online. Selain itu, sistem absensi online juga dapat mengelola jadwal cuti atau absensi karyawan secara struktural. Hal itulah mengapa saat ini, banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan sistem absensi online untuk mempermudah kinerja HR.

Namun demikian, tentu dalam sistem absensi online ada kelebihan dan kekurangannya dan pada kesempatan ini tim Performate akan share terkait kelebihan dan kekurangan dalam sistem absensi online.

Kelebihan Sistem Absensi Online

Data yang sangat akurat
Dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi untuk membangun sistem e-absensi, maka seluruh data yang tersimpan di dalamnya pun merupakan data faktual yang akurat. Apalagi data ini telah terenkripsi dengan aman, sehingga datanya tidak dapat dimanipulasi. Karena hal itu, sistem e-absen ini juga dapat mengurangi baik terjadinya human error baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Hanya memerlukan sedikit tenaga kerja
Berkat sistemnya yang otomatis dan sudah terintegrasi, absensi online tidak lagi memerlukan banyak tenaga kerja untuk mengurusi perihal absensi. Sehingga perusahaan dapat menghemat pengeluaran untuk memakai tenaga karyawan tambahan.

Terintegrasi dengan sistem lain
Sistem absensi telah terintegrasi dengan berbagai sistem lain yang dapat membantu untuk mempermudah proses absensi karyawan. Mulai dari penggunaan aplikasi absensi online pada setiap perangkat karyawan, hingga sistem cloud yang dapat membantu menyimpan seluruh data absensi karyawan secara aman.

Kekurangan Sistem Absensi Online

Bergantung pada device
Salah satu kekurangan sistem e-absen adalah karyawan perlu memiliki perangkat, baik smartphone atau laptop, untuk melakukan absensi online. Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan perangkat-perangkat tersebut, tapi tidak semua perangkat tersebut kompatibel untuk melakukan e absensi. Karena itu karyawan secara sukarela harus menyediakan perangkat yang sesuai untuk dapat melakukan absensi pekerjaannya sendiri.

Dapat terhambat oleh sinyal internet yang buruk
Koneksi internet juga menjadi salah satu halangan sistem e-absensi. Sistem ini harus menggunakan koneksi internet, bisa dari sambungan wifi ataupun data seluler perangkat karyawan. Akan tetapi, apabila karyawan berada di tempat yang tidak menjangkau koneksi internet, memiliki koneksi yang buruk, ataupun tidak memiliki jaringan, maka mereka tidak dapat melakukan absensi.

Dari pembahasan diatasa kita bisa simpulkan bahwa sistem absensi online adalah terobosan baru dan sangat berguna dalam pencatatan kehadiran karyawan. Meskipun tidak terlepas dari kekurangan, sistem ini akan sangat membantu karyawan dan perusahaan karena kemudahannya. Karyawan dapat melakukan absen di mana saja serta waktu kerja pun terhitung dengan akurat. Selain itu, perusahaan mampu memantau kehadiran karyawan dan dapat membuat laporan rekapitulasi absensi dengan mudah.

Jika Anda membutuhkan solusi untuk sistem absensi online di perusahaan Anda maka tim Performate.id siap untuk membantu, silakan kontak kami dengan klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PF - Logo Only

Performate

About
Careers
Blog
Customer

Our Products

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Help

Workshop
Seminar
Guide
Support
Service
Help Center

Legal

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Contact

Jl. Raya Pondok Kelapa Jakarta Timur

cs@performate.id
0812-1203-0314