Keunggulan Menggunakan Sistem Absensi Online Dibandingkan Konvensional

Keunggulan Menggunakan Sistem Absensi Online Dibandingkan Konvensional

Absensi adalah hal vital yang diperlukan di setiap perusahaan. Baik karyawan atau Anda yang memiliki perusahaan, absensi adalah sesuatu yang tidak boleh terlupakan begitu saja.

Bagi seorang karyawan, absensi adalah tanda kehadiran bahwa mereka telah datang bekerja sesuai dengan ketentuan yang ditentukan.

Sementara itu bagi pemilik perusahaan, absensi digunakan sebagai alat analisis untuk melihat kinerja dari setiap karyawan.

Bayangkan, jika tidak ada absensi tentunya produktivitas seorang karyawan akan sulit terlihat.

Di era seperti sekarang ini, absensi sudah disulap untuk tidak lagi dilakukan secara manual, seperti dengan kertas atau fingerprint layaknya absensi yang diterapkan di banyak perusahaan.

Saat ini, sudah banyak aplikasi absensi online yang tentunya akan lebih memudahkan karyawan untuk melakukan absen.

Meskipun demikian, masih banyak saja perusahaan yang menggunakan sistem absensi konvensional karena dianggap lebih mudah digunakan.

Pada kesempatan ini tim Performate.id akan memberikan beberapa keunggulan menggunakan absensi online dibandingkan konvensional.

 

a. Lebih Hemat Biaya
Absensi online tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi ataupun pemasangan sistem seperti jenis mesin absen fingerprint.

Tentu saja, cara ini akan menghemat pengeluaran dari perusahaan itu sendiri. Namun, mesin manual masih banyak digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Hal ini dikarenakan harga mesin fingerprint dan alat absensi lainnya cukup beragam.

Meskipun begitu, kehadiran absensi online akan memberikan fleksibilitas sehingga Anda hanya perlu mendaftar, mengunduh aplikasi, serta memakai smartphone atau laptop untuk mengakses sistem absensi secara elektronik.

Sistem ini tentunya sangat memudahkan karyawan yang bekerja secara mobile karena mereka tidak perlu harus datang ke kantor untuk melakukan absensi.

b. Minim Kecurangan
Salah satu keuntungan absensi online umumnya didukung dengan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik yang meminimalkan kecurangan.

Teknologi ini akan memverifikasi kehadiran karyawan di suatu tempat.

Selain itu, posisi pengguna aplikasi juga akan memberi informasi keberadaannya yang dengan mudah terlacak oleh GPS.

Oleh karena itu, karyawan tidak bisa memanipulasi data karena data digital dienkripsi serta disimpan dengan aman.

c. Dipantau Real Time
Karena sistem absensi online terkoneksi dengan internet sehingga data dapat dipantau secara realtime.

Keunggulan ini memudahkan kinerja bagian HRD dalam memproses data kehadiran serta keterlambatan karyawan.

Selain itu, sinkronisasi jadi lebih mudah karena tersimpan otomatis dengan sistem cloud.

d. Perhitungan Jam Kerja yang Akurat
Sistem absensi dilakukan online yang akan membuat perhitungan jam kerja akurat karena waktu yang dipakai tersinkron otomatis dengan waktu yang berlaku di semua perangkat.

Cara ini sangat efektif karena perhitungannya dinilai lebih akurat.

e. Rekapitulasi Lebih Mudah
Lalau salah satu keuntungan cara membuat daftar hadir online yang lainnya adalah memudahkan pencatatan serta rekapitulasi data karyawan.

Begitupun dengan data kehadiran, ketidakhadiran, dan keterlambatan tercatat otomatis tanpa perlu memindahkannya secara manual.

Terlebih, sistem online juga biasanya sudah terintegrasi antar data sehingga perubahan data akan dilakukan secara otomatis dan akurat sehingga HRD atau personalia akan lebih efisien dalam bekerja.

Jika Anda membutuhkan solusi untuk sistem absensi online di perusahaan Anda maka tim Performate.id siap untuk membantu, silakan kontak kami dengan klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PF - Logo Only

Performate

About
Careers
Blog
Customer

Our Products

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Help

Workshop
Seminar
Guide
Support
Service
Help Center

Legal

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Contact

Jl. Raya Pondok Kelapa Jakarta Timur

cs@performate.id
0812-1203-0314