Manfaat Menerapkan OKR Dalam Perusahaan

Manfaat Menerapkan OKR Dalam Perusahaan

Pertanyaan mengenai apa itu OKR banyak dipertanyakan oleh mereka yang ingin mengelola karyawan. OKR sendiri merupakan singkatan dari objectives and key results. Kini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya OKR sudah semakin besar. Ini terjadi karena hampir setiap perusahaan menggunakannya.

OKR sebenarnya merupakan sebuah metode yang diberikan pada tim atau seseorang di lingkungan kerja. Pada metode tersebut, terdapat rencana yang terbilang besar dan jelas. Tentu terdapat tantangan dalam rencana tersebut. Namun dalam proses mengejarnya, terdapat pola yang teratur. Dengan adanya pola tersebut, mencapai rencana besar akan terlihat lebih mudah. Dengan adanya OKR, progres dari karyawan akan terlihat. Ini bisa terjadi karena pola yang sebelumnya telah ditentukan dapat dijadikan sebagai patokan. Singkatan dari OKR yaitu Objective dan Key Results sendiri mewakili kedua hal tersebut.

Maksud Objective disini mengarah pada target yang besar dan jelas. Sedangkan untuk key results ini mengarah pada pola teratur untuk mencapai target tersebut. Salah satu poin penting dalam pembuatan key results adalah waktu. Perlu ditentukan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap pola.

Perlu diketahui bahwa OKR merupakan sebuah metode yang bertingkat. Bisa dikatakan, key results dari seorang pimpinan perusahaan bisa menjadi objective bagi mereka yang ada di bawahnya.

Misal seorang atasan ingin membuat perusahaan memiliki skala internasional. Tentu itu adalah sebuah objective dari pimpinan perusahaan. Untuk mencapai objective tersebut, dibutuhkan beberapa key results. Misal contoh key resultsnya adalah melakukan kerja sama dengan 1000 perusahaan dan mendapatkan pemasukan sebesar 1 triliun rupiah per tahun.

Selanjutnya key results yang berisi kerja sama dengan 1000 perusahaan akan menjadi objective bagi divisi marketing. Nantinya divisi marketing akan memiliki beberapa key results untuk objective tersebut. Contoh key resultsnya seperti menghubungi seratus perusahaan per minggu hingga mendapatkan kerja sama baru dengan 10 perusahaan di tiap minggunya.

Ada banyak keuntungan yang akan didapat jika OKR diterapkan. Salah satu keuntungan yang didapat adalah persatuan antar karyawan. Ini jelas suatu hal yang pasti. Ketika karyawan sudah memahami apa itu OKR, transparansi objective setiap karyawan akan meningkat. Dengan itu, karyawan akan bisa berkolaborasi karena satu sama lain tidak akan memiliki persaingan. Ini jelas membuat hasil yang didapat menjadi lebih efektif. Satu kunci keberhasilan metode ini terletak pada keseriusan tiap karyawan dalam mencapai objective nya masing-masing. Namun untuk tahapan awal, pastikan setiap karyawan memahami apa itu OKR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PF - Logo Only

Performate

About
Careers
Blog
Customer

Our Products

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Help

Workshop
Seminar
Guide
Support
Service
Help Center

Legal

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Contact

Jl. Raya Pondok Kelapa Jakarta Timur

cs@performate.id
0812-1203-0314