Semua pebisnis tentunya memiliki keinginan agar bisnisnya sukses, alhasil mereka membuat membuat rencana dalam bisnisnya dengan sematang mungkin.
Namun sayangnya, tidak semua rencana berjalan dengan baik dan terkadang berujung kepada kegagalan.
Pada kesempatan kali ini, Performate akan share terkait 4 Penyebab Rencana Bisnis Berujung Pada Kegagalan
1. Tidak Tahu Goal
Saat membuat goal sudah semestinya kita mengacu kepada visi dan misi dari perusahaan kita, dengan begitu goal yang kita buat akan sejalan dengan tujuan kenapa perusahaan kita ada.
Setelah goal itu dibuat, kita sebagai leader dari perusahaan perlu untuk mengkomunikasikan goal tersebut kepada setiap individu yang ada di dalam tim kita, sehingga tidak hanya kita yang tahu apa goal perusahaan yang ingin dicapai tetapi tim kita pun juga tahu.
Pada saat kita mengkomunikasikan goal tersebut kepada tim, tentunya kita perlu memberikan pemahaman kepada anggota tim bahwa jika goal tersebut tercapai maka secara tidak langsung goal mereka secara pribadi pun akan terfasilitasi.
2. Tidak Tahu Cara Mencapai Goal
Hal kedua yang menyebab sebuah rencana berujung gagal adalah tidak tahu cara mencapai goalnya.
Ibarat mau bepergian, tentunya kita harus terlebih dahulu menentukan kemana kita akan pergi, bagaimana caranya kita bisa sampai ke tempat tujuan tersebut, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke tujuan.
Begitu pula dengan goal, kita pun harus merumuskan goal tersebut dengan menggunakan pendekatan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Based).
Specific yang berarti goal kita spesifik ingin mencapai ke 1 tujuan tertentu
Measurable yang berarti pencapaian goal kita itu bisa diukur berhasil atau tidaknya.
Achievable yang berarti goal kita memang bisa dicapai
Relevant yang berarti goal tersebut relevant terhadap perkembangan Bisnis kita
Time based yang berarti ada batas waktu tertentu yang dibutuhkan untuk mencapai goal tersebut
Setelah itu, kita perlu buat aktivitas-aktivitas pendukung yang semakin mendekatkan kita untuk mencapai goal tersebut.
Dan tentunya aktivitas tersebut tidak mungkin kita semua yang mengerjakannya, oleh sebab itu kita perlu bangun tim untuk membantu kita mengerjakan aktivitas tersebut.
Selain itu, kita perlu menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas yang kita susun, mulai dari skill & knowledge tim, SOP, dan tidak ketinggalan kesiapan dari fasilitas kantor.
Dan tentunya jangan lupa kita perlu buat prioritas agar setiap goal bisa dicapai sesuai dengan harapan.
3. Tidak Memantau Scoreboard Sedang Berhasil Atau Gagal
Penyebab ketiga adalah kita tidak memantau apakah yang kita dalam kondisi berhasil atau gagal.
Kebanyakan orang cuma melihat hasilnya saat di akhir periode saja padahal jika saja mereka memperhatikan secara harian tentunya mereka bisa menyiapkan langkah antisipasi agar rencananya bisa berhasil.
4. Tidak Merasa Bertanggung Jawab
Masalah keempat yang menyebabkan rencana bisnis tidak berhasil adalah tidak adanya rasa tanggung jawab dari tim.
Sebagai seorang pebisnis sekaligus leader dari bisnis kita, kita perlu untuk menanamkan rasa tanggung jawab pada masing2 individu di internal tim kita.
Yaitu dengan membangun semangat pencapaian visi misi perusahaan, dimana setiap merasa individu memiliki pengaruh terhadap keberhasilan dari perusahaan.
Dengan begitu, harapannya setiap individu yang berada perusahaan merasa memiliki peran penting terhadap keberhasilan perusahaan.