Kenapa Penerapan Sistem KPI Gagal

Kenapa Penerapan Sistem KPI Gagal

Kenapa penerapan sistem KPI bisa gagal tentu saja karena ada beberapa hal yang salah untuk dilakukan dan diterapkan. KPI memang menjadi satu hal yang gampang namun juga bisa menjadi hal yang sulit jika tidak dilakukan dengan benar dan tidak memperhatikan beberapa hal yang menjadi titik penting dari sistem KPI ini. Ada banyak sekali faktor yang memang harus dihindari, dengan mengurangi faktor-faktor ini pastinya akan semakin membuat KPI lebih diterima dan bisa dijalankan dengan lancar. Faktor-faktor tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Faktor pertama, salah menentukan sistem KPI. KPI memiliki banyak sekali sistem yang pastinya dimana setiap perusahaan memiliki standard dan point-point penting yang berbeda. Biasanya perusahaan baru yang ingin menerapkan sistem KPI ini hanya memilih KPI yang kelihatannya mudah tanpa melihat apakah cocok dengan perusahaan yang dijalankan ataukah tidak. Padahal sistem KPI yang cocok dan sesuai sangat diperlukan untuk mendapatkan kesimpulan yang terbaik.

2. Faktor kedua. Salah menentukan target. Target untuk suatu perusahaan memang tidak dianjurkan diatas batas wajar atau diatas kemampuan, namun bukan berarti target juga akan dibuat dengan standart yang sangat rendah supaya mudah dicapai oleh para karyawan. Justru hal ini juga akan menjadikan KPI tidak bisa berjalan dengan baik. Target baiknya dibuat dengan standart yang sedang namun tetap bisa dijadikan sebagai alat pengukuran KPI.

3. Faktor ketiga. Gagalnya manajemen kinerja KPI. Saat melakukan sistem KPI ini, monitoring sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Monitoring biasanya menjadi tidak diperhatikan ketika KPI sudah mulai berjalan padahal pencatatan untuk apa saja yang sudah dicapai dan realisasi visi dan misi sangatlah penting. Catat tiap periode sesuai dengan yang sudah ditentukan akan sangat membantu dalam mendapatkan sistem KPI yang berhasil untuk dijalankan dalam suatu perusahaan.

Kenapa penerapan sistem KPI yang gagal sebenarnya tergantung pada beberapa hal penting. Lakukan perbaikan pada beberapa hal tersebut dan jangan melakukan kesalahan yang sama setiap waktu tentu akan membuat sistem penerapan yang salah akan berkurang. Selalu lakukan evaluasi dan monitoring untuk setiap sistem yang diberlakukan. Dengan melakukan hal ini, sistem pun akan berjalan dengan baik.

Jika Anda membutuhkan sebuah tools KPI untuk membantu Anda dalam memonitor KPI karyawan maka Performate.id bisa menjadi solusi bagi Anda, silakan kontak tim kami di WhatsApp berikut untuk menjelaskan solusi yang bisa kami berikan terkait KPI untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PF - Logo Only

Performate

About
Careers
Blog
Customer

Our Products

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Help

Workshop
Seminar
Guide
Support
Service
Help Center

Legal

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Contact

Jl. Raya Pondok Kelapa Jakarta Timur

cs@performate.id
0812-1203-0314