Pentingnya Menanamkan Nilai Perusahaan Kepada Tim

Pentingnya Menanamkan Nilai Perusahaan Kepada Tim

Penanaman nilai perusahaan yang kuat membuat perusahaan mampu untuk tumbuh berkembang dan bertahan lama. Nilai – nilaiĀ  tersebut melekat dan dijunjung tinggi oleh seluruh lapisan yang ada di perusahaan. Nilai – nilai yang dikemas secara baik akan membuat perusahaan memiliki karakter sehingga mampu untuk membentengi perusahaan dari krisis yang akan melanda. Nilai perusahaan merupakan kumpulan nilai yang dipercaya sebagai kekuatan dalam menyatukan sistem, proses, dan strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. Nilai perusahaan dapat berupa alat atau tujuan yang dijadikan pegangan oleh individu atau bersama-sama.

Nilai perusahaan ini dapat membuat kreatifitas, inovasi, dan produktivitas memiliki kesinambungan dalam perusahaan sehingga akan terdapat ruang berekspresi untuk memciptakan peluang dan potensi bisnis. Nilai perusahaan digariskan secara struktural dari pimpinan perusahaan untuk meningkatkan nilai berdasarkan filosofi perusahaan yang sesuai dengan perubahan dan kondisi persaingan bisnis. Jika telah menciptakan nilai perusahaan, selanjutnya yaitu menjadikan nilai tersebut untuk dapat disepakati bersama dengan cara diyakini dan dijalankan. Nilai tersebut juga harus dikomunikasikan kepada seluruh lapisan yang ada di perusahaan tersebut. Dengan begitu semua pegawai akan memiliki kesadaran, pemahaman, dan keterlibatan sehingga pegawai tersebut akan berkomitmen pada perusahaan. Kemudian nilai tersebut juga digunakan sebagai dasar untuk membangun sistem yang dilengkapi dengan penghargaan dan sanksi pada pegawai perusahaan. Selain itu juga dibutuhkan pemimpin yang dapat memberikan penerapan nilai perusahaan pada semua tim. Disini pemimpin akan memberikan contoh dalam membangun nilai dalam perusahaan .

Adanya nilai dalam perusahaan akan membuat tim akan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam perilakunya di lingkungan kerja, pengambilan setiap keputusan, dan interaksi sosialnya dalam perusahaan. Nilai perusahaan ini akan mempengaruhi hubungan baik dan reputasi dari perusahaan, namun dampaknya tidak akan terlihat pada pertumbuhan keuntungan perusahaan karena nilai-nilai tersebut bersifat tidak kasat mata.

Nilai perusahaan jika diterapkan dengan baik maka akan mampu membantu perusahaan mencapai tujuannya. Dengan menanamkan nilai perusahaan yang kuat akan dapat membentuk karakter perusahaan sehingga dapat menjadi benteng untuk menanggulangi risiko.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PF - Logo Only

Performate

About
Careers
Blog
Customer

Our Products

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Help

Workshop
Seminar
Guide
Support
Service
Help Center

Legal

Products
Promo
Pricing
Family
Business
Education

Contact

Jl. Raya Pondok Kelapa Jakarta Timur

cs@performate.id
0812-1203-0314